Wacana Kita - Warganet yang budiman, khususnya yang baru lulus SLTA dan akan melanjutkan kependidikan yang setingkat lebih tinggi yakni Perguruan Tinggi. Pasti campur aduk rasanya, ada senang, sedih galau, gusar gundah, gulana, bahkan bermacam-macam lagi campuran dari beberapa rasa tersebut. dan Didalam Perguruan  Tinggi nanti kalian akan menemukan berbagai hal yang baru, suasana belajar, teman, dosen, senior, tugas yang semakin berat, termasuk target gebetan yang semakin berfariasi.
Nah, warganet yang budiman, di dalam Perguruan Tinggi akan ada namanya OMIK (organisasi intra kampus) dan OMEK (organisasi ekstra kampus), begitu singkatnya. Organisasi pada dasarnya adalah kumpulan, yakni kumpulan dari beberapa orang yang mempunyai visi, misi untuk mencapai tujuan yang  telah ditetapkan bersama. Masa mahasiswa adalah masa janyanya menjadi seorang  pemuda yang enerjik, kritis dan mempunyai semangat juang tinggi. Maka dari itu perlu adanya suatu wadah untuk menampung semua energy positif itu. Oleh karena itu pentingnya organisasi untuk mahasiswa baru adalah beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Melatih Leadership
businessnewsdaily.com
Karakter Leadership memang sangat dibutuhkan di semua bidang. Ketika Mahasiswa baru mengikuti organisasi, pastinya Kalian akan mengikuti dan mengurusi banyak hal. Nah dengan mengikuti iyupastinya Kalian akan menjadi pribadi yang aktif dan tanpa sadar Kalian kan memiliki karakter leadership tersebut.  Karena ketika mengikuti organisasi kita akan lebih terlatih dalam menyampaikan pendapat di hadapan banyak orang dan mengarahkan teman-teman dalam acara organisasi. Mungkin saat ini Kalian  belum terbayang bagaimana Kalian akan menjalaninya. Tapi susatu saat nanti pastiKalian akan mengangga lebar jika Kalian ternyata mampu untuk mengarahkan teman-teman kalian.

2.      Memperluas Jaringan /Netwoking
brella.io
Nah, nomor 2 ini pasti akan Kalian dapatkan ketika Kalian mengikuti organisasi. Di dalam organisasi pasti akan banyakorang yang akan Kalian kenal mulai dari teman seangkatan, para senior kampus, dan para mahasiswa lintas jurusan., praktisi di organisasi atau jurusan Kalian. Hal ini penting juga ketika nanti pada fase fresh graduate, bisa jadi mereka ini lah yang akan memberikan info lowongan atau bahkan juga Kalian bisa menjadi itra dengan mereka.

3.      Belajar Membagi Waktu
nurariffadilla.blogspot.co.id
Waktu, mungkin banyak mahasiswa yang mengeluhkan tidak ada waktu untuk mengikuti organisasi. Karna,  kalo ikut organisasi itu akan memotong waktu untuk mengerjakan tugas. Padahal kan kuantitas tugas kuliah itu sama meski Kalian ikut organisasi atau tidak. Jadi, demi masa depan cerah Kalian harus menyeimbangkan keduanya dengan cara menyeimbangkan waktu. Awalnya pasti Kalian akan merasa tertatih-tatih tapi lama-lama Kalian akan terbiasa. Dan kebiasaaninilah yang nantinya akan terbawa sampai akhir hayat. Dan bisa untuk bekal kalo nanti Kalian kerja di perkantoran.

4.      Mengasah Kemampuan Sosial
log.viva.co.id
Mahasiwa yang mengikuti organisasi mungkin akan lebih aktif dari pada yang tidak mengikuti. Karena dengan Kalian mengenal banyak orang pasti Kalian akan lebbih kaya dalam hal pemahaman, pengetahuan umum dan pastinya Kalian akan lebih banyak mengenak karakteristik orang. Ketika Kalian bekerja keterampilan ini akan sangat memudahkan kinerja Kalian.

5.      Problem solving Dan Manajemen Konflik
tonex.com
Mengenal dengan banyak orang tidak menutup kemungkinan terjadinya konflik meskipun hanya sekali atau dua kali terlibat konflik. Kalian akan terlatih untuk menyelesaikan masalah jika Kalian mengikuti organisasi. Dan Kalian  juga tidak akan kaget ketika masuk dalam dunia kerja ketika rekan kerja kita tidak kooperatif dan deadline mendesak pasti Kalian bisa mengatasinnya.

Itulah 5 alasan kenapa ikut organisasi untuk mahasiswa baru itu sangat penting. Mahasiswa  bisa menjadikan organisasi sebagai ajang simulasi kerja. Hal ini disebabkan bangku sekolah atau bangku perkuliahan tidak mengajarkan kemampuan-kemampuan yang bersifat soft skill seperti ini.
Saat dikelas kita akan terbatas dalam mempelajari suatu disiplin ilmu yang berbasis praktek. Karena kebanyakan sekolah akan memberikan sedikit praktek atau bahkan tidak memberikan materi praktek.  Maka dari itu, terkadang para recruitor perusahaan mencantumkan pengalaman organisasi dalam persyaratan untuk masuk dalam perusahaan tersebut.
Jadi, kesimpulan dari pemaparan materi diatas adalah mahasiswa yang mengikuti organisasi akan terlatih dalam jiwa kepemimpinannya. Memiliki jaringan luas, memiliki manajemen waktu yang baik. Keterampilan interpersonalnya juga baik.

Post a Comment

 
Top