Wacana Kita - Sahabat, Hari jum’at adalah hari ke-enam dari sepekan penuh dihitung mulai hari ahad/minggu. Hari jum’at menjadi hari favorit bagi umat islam, kenapa begitu? Pada hari jum’at doa-doa akan diijabah oleh Allah SWT, kasih sayang Allah diturunkan dan hari jum’at, dan ada ilmu gratis yang dibagi-bagikan pada hari itu, dimana ilmu gratisnya? Ada pada khutbah jum’at. Hal tersebutlah yang menjadikan hari Jum’at sebagai hari ‘sayyidul ayyam’, pemimpin hari-hari dalam setiap pekannya, kenapa hari jum’at mendapat gelar sebagai ‘sayyidul ayyam’? karena pada hari jumat pernah terjadi serangkaian peristiwa yang sangat besar dengan penuh kenangan untuk direnungkan kembali oleh kita semua:

hari jum'at

1.       Penciptaan alam semesta dan seisinya

Rosullullah SAW bersabda: “dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhanya. Pada hari jum’at Allah menciptakan langit dan bumi, dihari itu juga Allah menyelesaikan ciptaanya, dan dihari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka.” (HR. Abu Syaikh). Allah SWT menyempurnakan ciptaan alam semesta dengan meciptakan penghuninya dan akan menjadi cikal bakal kehidupan manusia dibumi.

2.       Diciptakannya Nabi Adam a.s

Rosullullah SAW yang artinya: “Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari jum’at, hari penciptaan nabi Adam, hari masuk dan keluar surga nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari jum’at.” (HR. Muslim).

3.       Turunnya nabi adam ke bumi

“Pada hari itu (hari jum’at) bapak kalian semua (Nabi Adam as) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga.” (HR. Imam At thabrani). Nabi adam di utus allah untuk turun kebumi untuk memulai peradaban dan membuktikan bahwa manusia yang diciptakan dari tanah itu pintar bisa lebih terhormat dari pada malaikat dan untuk menjadi kholifah di muka bumi.

4.       Terjadinya hari kiamat

“Manusia bertanya tentang hari berbangkit, katakanlah: sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya disisi Allah. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al ahzab:63). Wallahu a’lam.

5.       Proklamasi Indonesia

Di Negara Indonesia ini proklamasi dilaksanakan pada hari jumat pukul 10.00 WIB pada bulan penuh berkah yakni bulan puasa, Sebagai  pertanda bahwa Indonesia telah merdeka dari penjajahan jepang.

Sahabat, Bukti bahwa hari jumat itu istimewa adalah pada hari Jum’at disyariatkan oleh Allah SWT untuk sholat Jum’at, menggantikan shalat Zhuhur berjamaah pada hari Jum’at –Jum’atan. Bahkan mandinya hari Jum’at pun mengandung unsur ibadah, karena hukumnya sunnah. Waqila seluruh amalan dihari jumat akan dilipat gandakan. Wallahu a'lam.


Post a Comment

 
Top