Wacana Kita - Pasir putih Pantai Nganteb, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjadi panggung bagi sekitar 5.015 penari Bapang. Penari yang terlibat didominasi siswa SD dan SMP di 33 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Malang. Mengenakan busana tari warna merah, dengan topeng Bapang dengan tegas dan apik. Ribuan penari tersebut mampu membawakan budaya khas Kabupaten Malang itu secara apik dan kompak.
5000+ penari bapang - wacana kita

menariknya tari bapang ini diselenggarakan di pinggir pantai dan ditemani deburan ombak. Tari ini juga seolah menyambut kehadiran 400 peserta rally. Tidak lama setelah rombongan mobil sport datang, para penari segera menarikan tarian dengan serempak dan selaras, yang di pandu oleh Didi Nini Towok langsung di panggung utama.

Penampilan yang menarik ini diganjar dengan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Pasalnya, di Indonesia, belum ada rekor seperti ini.

Triyono, Manager MURI, menjelaskan, penampilan Tari Bapang oleh 5.015 penari bukan hanya rekor Indonesia saja, melainkan dunia. Pasalnya, tarian ini spesifik hanya ada di Kabupaten Malang, sehingga tidak ada di belahan dunia manapun. "Mengapa rekor dunia, karena spesifik hanya ada di Kabupaten Malang, jadi kami beri apresiasi," kata Triyono, di Pantai Nganteb, Minggu (3/12).
Dia menjelaskan, mereka memberikan apresiasi rekor dunia terhadap kekhasan lokal. Misalnya saja budaya, kuliner, kesenian. Harapannya, agar kembali digemari oleh masyarakat. "Ini bukti nyata perhatian pemerintah Kabupaten Malang terhadap budaya Indonesia," tegas dia.

Sementara itu, Bupati Malang, Rendra Kresna, menjelaskan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk uri-uri atau pelestarian budaya. "Bapang memang khas dari Kabupaten Malang. Daerah lain boleh punya tarian, tapi Bapang ini hanya ada di sini," beber Rendra.

Raihan rekor MURI tidak hanya kali ini. Kabupaten Malang tercatat sudah beberapa kali meraih rekor. Beberapa tahun lalu, lanjut dia, pernah meraih rekor MURI untuk sate kelinci sebanyak 1.253 tusuk. Di masa yang akan datang, lanjut dia, akan dikonsep pemecahan rekor yang menonjolkan keindahan Kabupaten Malang.

Post a Comment

 
Top