Wacana Kita - Komunikasi merupakan sebuah proses yang terjadi dalam kehidupan setiap manusia sehari – hari antar individu sampai menggunakan media yang biasa dikenal dengan komunikasi massa. Komunikasi bermedia juga berdasarkan teknologi, pola penyebaran, sampai pada bagaimana khalayak mengakses media lambat laun semakin berkembang sehingga dikenal dengan media lama (old media) dan media baru (new media). Paradigma media baru (new media) cukup menarik karena dalam tatanan di masyarakat justru lebih memudahkan dbanding media lama (old media). Salah satu bentuk media baru (new media) yang digunakan pada umumnya di kalangan masyarakat adalah internet dan media sosial. Disadari atau tidak, komunikasi dalam bentuk media sosial mulai menggeser perlahan – lahan media lama (old media) dari posisi nyamannya dalam penyampaian informasi.

Wacana Kita - komunikasi kelompok pemuda zaman now 
Internet dan media sosial perlahan tapi pasti menjelma menjadi kebutuhan primer bagi sebagain kalangan, utamanya kaum muda. Karena dengan fungsinya sebagai salah satu teknologi informasi, Internet dianggap sebagai salah satu alternatif paling tepat dalam membantu kita memilih dan mengatur informasi yang kita inginkan atau perlukan dengan lebih efisien. Secara garis besar, dengan adanya internet dan media sosial jauh lebih ringkas dalam menghubungkan waktu dan jarak dibandingkan media – media yang sudah ada.

Internet dan media sosial juga dianggap memiliki jangkauan yang cukup luas sebagai media baru (new media). Dengan semakin dekatnya hubungan internet dengan kaum muda tidak hanya mempersingkat jarak dalam mengkomunikasikan pesan, teknologi komputer dan internet juga telah berkembang dan mengeliminasi penggunaan koneksi kabel, namun tetap memfasilitasi transmisi informasi yang akan disampaikan ke seluruh dunia. Apalagi dalam Revolusi Industri 4.0, banyak pihak – pihak meraup untung dan banyak juga kaum yang dikorbankan akibat pergeseran ideologi gaya hidup. Namun yang cukup menarik dalam mengamati perubahan ini adalah mayoritas pengambil peran tersebut adalah kaum muda.

Tentu perubahan demi perubahan yang terjadi di masyarakat global maupun yang terjadi di Indonesia bisa dipastikan melibatkan generasi muda sebagai pelaku utamanya. Dalam kajian sosiologi kepemudaan, sudah menjadi tradisi yang begitu lama dalam beberapa kajian kepemudaan bahwa fokus utama pada kaum muda lebih sebagai pencipta dan konsumen budaya yang ada. 

Pertama, pada kelompok kaum muda jika dibandingkan dari generasi ke generasi mengingatkan bahwa setiap generasi kaum muda memiliki ciri khas sendiri dalam mewarnai zaman tersebut. Kemudian menurut Parker dan Nilan (2013) dalam bukunya Adolescent in Contemporary Indonesia mengatakan bahwa struktur terhadap kaum muda dari masa ke masa memiliki ciri khas yang berbeda – beda. Kita mengetahui bagaimana kuatnya peran pemuda sebagai motor penggerak kemerdekaan ketika Indonesia masih dijajah pada masa kolonial dan berkebalikan pada saat zaman orde lama dan orde baru, yang mana kaum muda diidentikkan sebagai kelompok konsumen saja. Puncaknya, kita melihat pasca reformasi, kaum muda yang identik sebagai kaum hura – hura sedikit terpolarisasi dengan berbagai peran. Ada kamu muda yang memiliki jiwa produktif dalam dirinya namun juga ada kaum muda yang tetap sama seperti orde lama dan orde baru yang hanya bisa mengikuti tren konsumerisme saja.

Kedua, kelompok kaum muda sebagai peralihan melalui pendekatan secara determenistik (berdasarkan konsuensi kejadian sebelumnya) yang menganggap bahwa kalngan kaum muda mengalami tahapan kehidupan yang bersifat universal dan stagnan. Perspektif ini sependapat dengan konsep strukturalisme yang menegaskan penyamaan peran untuk menjaga keseimbangan. Pandangan tersebut telah menciptakan suatu pandangan yang menganggap bahwa transisi kaum muda yang menekankan pada asumsi psikososial dan biologis terhadap dinamika perkembangan yang kemudian berefek pda ketergantungan kebijakan dan intervensi kaum dewasa untuk memastikan bahwa pemuda melewati masa yang telah dilampaui sebelumnya oleh kaum dewasa. Salah satu contohnya aksi yang dilakukan oleh para aktivis angkatan 45, angkatan 66, dan angkatan 98. Atau kalau melihat pada aktivitas internasional, kita bisa merujuk pada aktivis Turki.


Ketiga, kaum muda sebagai creator dan culture consumer. Luvaas (2009) menjelaskan mengenai masuknya peran kaum muda terhadap nilai globalisasi, misalnya fenomena kaum muda sebagai inspirator dalam membuat arus budaya baru. Munculnya fenomena – fenomena goyang dumang, goyang itik, gangnam style tak lepas dari besarnya peran kaum muda. Dalam penelitian lain, Nilan (2006) mengemukakan bahwa terdapat hubungan yang erat antara budaya lokal dan global, sehingga memunculkan budaya yang bersifat hybrid salah satunya diantara kaum muda muslim di Indonesia (Luvass, 2009 dan Nilan, 2006 dalam Widhyharto, 2014). Hal ini juga sebagai bagian dari strategi kaum muda dalam menghadapi derasnya arus globalisasi, serta menunjukkan bahwa kaum muda mampu menjadi langkah dalam memilih dan memilih budaya yang kritis. Ketiga macam perspektif tersebut menegaskan dinamika kaum muda dalam merespons perubahan di era globalisasi. 

Post a Comment

 
Top