Wacana Kita - Bullying menurut ilmu psikologi adalah bentuk dari perilaku agresi dengan kekuatan dominan pada perilaku yang dilakukan secara berulang dengan tujuan mengganggu yang lebih lemah darinya.
StopBullying - wacana kita 

Tetapi, dizaman milenial ini kenyataannya yang lemah secara fisik malah bisa membully temannya yang fisiknya kuat yang membully dia di dunia nyata. Dunia bisa di jungkir balikkan dengan adanya teknologi ini.

Dalam undang-undang dasar Pasal 76C UU 35/2014 dan Pasal 80 UU 35/2014 menerangkan tetang hukuman bullying yang bisa di penjara 15 tahun dan bisa lebih dan denda bisa mencapai 3 milyar rupiah.

 Kenapa sangat lama dan mahal? Itu menunjukan bahwa Undang-undang di Negara Indonesia ini berpihak pada seseorang yang tertekan mental maupun fisiknya yang dilakukan oleh orang lain.
Lalu apa pandangan aswaja dalam hal ini (bullying)?

Dalam Alqur’an ada ayat yang melarang praktik bullying kepada orang lain yaitu ayat 11 Surah Al-Hujurat:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَىٰ أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ ۖ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَابِ ۖ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوقُ بَعْدَ الْإِيمَانِ ۚ وَمَنْ لَمْ يَتُبْ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
Ayat ini turun karena ada para sahabat nabi yang diolok-olok miskin seperti Bilal, Salman Alfaris, Shuhaib dan lain-lain, juga olokan kepada Shafiyah binti Huyay bin Akhtab (salah seorang istri nabi) bahwasannya Shafiyah adalah keturunan Yahudi sehingga mereka semua merasa malu dan akhirnya ayat ini turun.

boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka” ini yang kita tanamkan dalam diri kita. Ini adalah pesan Al-Qur’an. Seyogyanya sebagai muslim yang baik kita menaatinya, kebaikan akan datang kepada kita yang taat akan perintah Allah swt.


Wallahu a’lam

Post a Comment

 
Top